LAPORAN KEGIATAN RESES  BULAN MEI 2023 FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DPRD KOTA DEPOK

Share this Post:
Standard Post with Gallery
Standard Post with Gallery

LAPORAN KEGIATAN RESES  BULAN MEI 2023 FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA

DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KOTA DEPOK

 

 

Bismillahirrahmanirrahim

 

LAPORAN KEGIATAN RESES

FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA

DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KOTA DEPOK

 

Untuk Kegiatan Reses DPRD bulan Mei 2023

 

Assalamu ‘alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh

 

Yang kami hormati:

o Pimpinan dan Seluruh Anggota DPRD Kota Depok

o Walikota / Wakil Walikota Kota Depok

o Segenap Unsur Forkopimda, Para Pejabat Sipil, TNI dan Polri Kota Depok

o Sekretaris Daerah beserta Para Kepala OPD Kota Depok

o Seluruh hadirin Sidang Paripurna yang berbahagia

 

Alhamdulillah, Segala puji bagi Allah Azza wa Jalla, atas berkat rahmat dan nikmat-Nya kita semua dapat berkumpul di tempat ini, pada acara Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Fraksi-Fraksi DPRD Kota Depok atas kegiatan Reses DPRD bulan Mei 2023. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada uswah hasanah kita Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan para sahabat yang setia mengikuti sunnahnya, semoga kita termasuk di dalamnya. Amin.

 

Hadirin Rapat Paripurna Dewan Yang Terhormat,

 

Kegiatan Reses adalah kegiatan anggota DPRD di luar Masa Sidang untuk turun ke daerah pemilihannya dan berkomunikasi secara langsung dengan warga masyarakat guna menyerap aspirasi. Pada kegiatan Reses DPRD Depok bulan Mei 2023 ini, seluruh anggota DPRD dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera telah mengadakan kegiatan temu masyarakat di Dapil (Daerah Pemilihan) masingmasing. Kegiatan reses dilakukan sesuai daerah pemilihan (dapil) masing-masing anggota DPRD:

 

 

Dapil

Wilayah Kecamatan

Aleg

1

Pancoran Mas

H. Moh.Hafid Nasir

H. Imam Musanto, S.Pd

2

Beji – Cinere – Limo

T. Farida Rachmayanti, S.E., M.Si H. T.M. Yusufsyah Putra

3

Cimanggis

Dra. Sri Utami, M.M.

Ade Supriyatna, S.T.

4

Sukmajaya

Muhammad Supariyono, Amd.Ak Hengky, S.T.

5

Cilodong – Tapos

Qurtifa Wijaya, S.Ag

Ade Firmansyah, SH

6

Cipayung – Sawangan – Bojongsari

Habib Syarif Ghasim Husin Al Attas H. Khairulloh

Dalam kegiatan Reses ini, aspirasi yang disampaikan warga Depok kami kelompokkan ke dalam urusan per komisi di DPRD, yakni :

  1. Komisi A : Pemerintahan
  2. Komisi B : Bidang Perekonomian dan Keuangan
  3. Komisi C : Bidang Pembangunan
  4. Komisi D : Bidang Kesejahteraan Rakyat

 

Aspirasi yang masuk terkait urusan di Komisi A antara lain mengenai pentingnya penegakan perda ketertiban umum di sebagian wilayah, jalan umum dan permukiman.  Secara umum keamanan di kota Depok sudah cukup baik, namun di beberapa lokasi perlu dipasang CCTV dan PJU untuk memantau keamanan dan pencegahan tindak kriminal. 

 

Aspirasi yang masuk terkait urusan di Komisi B antara lain mengenai usulan program pelatihan, permodalan dan fasilitasi UMKM, misalnya pelatihan wirausaha, pelatihan keterampilan rias (bagi perempuan/pemudi) dan bengkel (bagi pemuda), pelatihan budidaya ikan, bantuan alat produksi (industri rumah tangga), bantuan permodalan, penyediaan gerai produk UMKM, pemasaran berbasis online untuk produk tertentu seperti Ikan dan lain-lain, yang berbasis potensi lokal.

 

Aspirasi yang masuk terkait urusan di Komisi C antara lain mengenai usulan perbaikan jalan lingkungan, pembuatan dan perbaikan drainase atau saluran air, turab kali, penanganan sampah di kali dan TPS liar, bantuan perlengkapan bank sampah, perluasan RTH, pembangunan RTLH, pembangunan dan sarana posyandu dan posbindu (lansia) serta Posmaja (remaja), penambahan dan perbaikan PJU, pembuatan sumur resapan dan biopori, pengangkutan sampah di TPS, penanganan banjir, perbaikan jalan jembatan penghubung (seperti Jembatan Telaga Rengas; penghubung wilayah Kedaung dengan Cinangka, dan Jembatan Kuning/Oren; penghubung wilayah Pancoran Mas/Cipayung dengan Kalimulya), dan sebagainya. 

 

Aspirasi yang masuk terkait urusan di Komisi D antara lain mengenai peningkatan kesejahteraan kader posyandu, PKK, Karang Taruna, majelis taklim, DKM Masjid, insentif guru TPA/bimroh, pembangunan Madrasah, RKB SD Negeri, penambahan SMP Negeri, bantuan pembangunan Masjid, Majelis Taklim, PAUD, sarana mengaji, bantuan alat musik hadroh/marawis, bantuan tenda, kursi dan sound system, bantuan alat olahraga, lapangan olahraga, bantuan majelis taklim, bantuan kursi roda dan tabung oksigen di Posyandu, bantuan Alat Pemeriksaan Darah (Kolesterol, Gula Darah, Asam Urat) di Posbindu, bantuan laptop untuk Pegiat PKK dan Posyandu, bantuan mobil siaga Rw, bantuan BPJS PBI untuk marbot masjid, dan sebagainya. 

Rincian catatan reses para aleg FPKS ini kami lampirkan dalam laporan ini dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Laporan Reses ini. 

 

Hadirin Rapat Paripurna Dewan Yang Terhormat,

Terkait aspirasi yang disampaikan oleh warga Depok di Masa Reses itu, maka Fraksi Partai Keadilan Sejahtera memberikan rekomendasi sebagai berikut :

  1. Pembangunan infrastruktur dan lingkungan hidup masih menjadi aspirasi dan perhatian warga Depok. Untuk itu kami meminta agar program perbaikan jalan, normalisasi saluran air, turap kali dan setu, serta pemeliharaan jalan-jalan lingkungan yang rusak, tetap dilanjutkan. Penanganan potensi banjir dan genangan air mulai dari penanganan sampah di TPS liar dan sampah di aliran sungai, termasuk pembuatan sumur resapan yang menampung air tanah untuk kebutuhan jangka panjang, sesuai dengan Perda Kota Hijau.
  2. Perbaikan sarana ibadah ( masjid, musholla, majelis taklim dan lainnya ) dan juga peningkatan alokasi anggaran untuk kegiatan PKK, Posyandu, Posbindu, Posmaja, Karang Taruna, Majelis Taklim, Pembimbing Rohani (Bimroh) dan sebagainya, hendaknya dapat dilanjutkan dan terus ditingkatkan.
  3. Selain permasalahan infrastruktur dan lingkungan hidup serta pelayanan dasar pendidikan dan kesehatan, penting diperhatikan fasilitasi penumbuhan perekonomian dan peningkatan taraf kesejahteraan warga, lewat bantuan pelatihan usaha, permodalan, alat produksi, kemasaran, media pemasaran, dan sebagainya, dengan melibatkan Karang Taruna, PKK, Komunitas, Koperasi, UMKM dan lainnya.

 

Hadirin Rapat Paripurna Dewan Yang Terhormat,

Demikianlah laporan kegiatan reses Fraksi Partai Keadilan Sejahtera dan sejumlah rekomendasi yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

 

Wallahu muwafiq ila aqwamit thoriq

Wassalamu ‘alaikum wa Rahmatullah wa Barakatuh.

 

Depok, Kamis 9 Mei 2023

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera DPRD Kota Depok

 

 

 

Moh Hafid Nasir

Ketua

Berita Terkait: