33

    Anggota DPRD Kota Depok 2019-2024 Resmi Dilantik

    Depok, Beritasatu.com - Sebanyak 50 anggota DPRD Kota Depok masa bakti 2019-2024 resmi dilantik, Selasa (3/9/2019). Acara ini dilangsungkan di Gedung DPRD Kota Depok Jalan Boulevard Grand Depok City, Kota Depok, Jawa Barat. Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Kota Depok

    Pelantikan juga dihadiri oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris dan Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna serta segenap unsur musyawarah pimpinan daerah. Dalam sambutannya, wali kota yang membacakan sambutan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucapkan selamat kepada para anggota DPRD terpilih.

    Ridwan Kamil juga menuturkan bahwa saat ini aneka saluran komunikasi telah terbuka sehingga untuk berkomunikasi dengan rakyat sebagai yang paling berjasa karena telah memilih wakilnya, maka dapat digunakan dengan berbagai cara. Tidak melulu tatap muka tetapi juga bisa memanfaatkan berbagai cara dengan menggunakan media sosial.

    Ridwan Kamil juga menekankan pentingnya fungsi pengawasan yang harus dapat diemban dengan baik oleh para anggota DPRD Kota Depok terpilih. Sehingga dapat menyeimbangkan peran dalam menjalankan manajemen pembangunan dan pemerintahan daerah.

    "Mari kita jaga sinergisitas antara eksekutif dan legislatif agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan prestasi sebagaimana yang diharapkan rakyat," tutur wali kota membacakan sambutan Ridwan Kamil.

    Sementara itu, usai pelantikan juga ditetapkan alat kelengkapan sementara DPRD Kota Depok. Pimpinan DPRD Kota Depok sementara akan dijabat oleh Supariyono yang merupakan anggota DPRD terpilih dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sedangkan jabatan wakil ketua sementara dijabat oleh Yeti Wulandari dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

    "Kami akan segera menyusun tata tertib untuk kemudian menetapkan ketua DPRD definitif. Kami harap semua dapat terlaksana dalam waktu singkat sehingga alat kelengkapan DPRD dapat terwujud dan siap menjalankan tugas sesuai amanah rakyat," ujar Ketua DPRD Kota Depok sementara Supariyono.

    Komposisi anggota DPRD Kota Depok sendiri terdiri atas:

    1). PKS 12 Kursi
    2). Partai Gerindra 10 Kursi
    3). PDIP 10 Kursi
    4). Golkar 5 Kursi
    5). PKB 3 Kursi
    6). Partai Demokrat 3 Kursi
    7). PPP 2 Kursi
    8). PSI 1 kursi
    9). PAN 4 Kursi


     

    Sumber: BeritaSatu.com

     

    https://www.beritasatu.com/megapolitan/573043/anggota-dprd-kota-depok-20192024-resmi-dilantik

SEJARAH SINGKAT DPRD KOTA DEPOK

Sejarah kota Administrasi Depok berubah status menjadi kotamadya pada tanggal 27 April 1999 dengan Undang-undang Nomor 15 tahun 1999 tentang pembentukan Kotamadya Daerah Tingkat II Depok dan Kotamadya Tingkat II Cilegon, maka dipandang perlu untuk dibentuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Depok sebagai Badan Legislatif Daerah. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Depok terbentuk berdasarkan surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Jawa Barat Nomor 171 / SK979-Otda / 99 tentang Peresmian Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kotamadya Daerah Tingkat II Depok...

Alat Kelengkapan

Lokasi Kami