PANDANGAN UMUM FRAKSI DEMOKRAT PERSATUAN PEMBANGUNAN DALAM RANGKA PENYAMPAIAN LAPORAN HASIL RESES  ANGGOTA DPRD KOTA DEPOK MASA SIDANG KE II TAHUN SIDANG 2023

Share this Post:
Standard Post with Gallery
Standard Post with Gallery

PANDANGAN UMUM 

FRAKSI DEMOKRAT PERSATUAN PEMBANGUNAN

DALAM RANGKA

PENYAMPAIAN LAPORAN HASIL RESES   ANGGOTA DPRD KOTA DEPOK

MASA SIDANG KE II TAHUN SIDANG 2023

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Salam Sejahtera.

 

Yang kami Hormati,

Sdr. Walikota Depok

Sdr. Wakil Walikota Depok.

Sdr. Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Depok.

Sdr. Pejabat Sipil, TNI/ Polri Kota Depok.

Sdr. Ketua Pengadilan Negeri Kota Depok.

Sdr. Kepala Kejaksaan Negeri Kota Depok.

Sdr. Sekretaris Daerah beserta segenap pimpinan OPD, Kantor dan Badan di lingkungan Pemerintahan Kota Depok.

Para Tokoh Ulama, Tokoh Masyarakat, Rekan-rekan Insan Pers, Segenap Tamu Undangan, Hadirin yang berbahagia.

 

Puji dan Syukur marilah kita panjatkan kehadirat  Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, atas Berkah, Rahmat limpah dan Karunia Nya, sehingga kita masih bisa diberikan nikmat sehat maupun keberkahan untuk dapat menghadiri Sidang Paripurna DPRD

Kota Depok, dalam rangka penyampaian Laporan Reses Anggota DPRD Kota Depok Masa Sidang ke II Tahun 2023, pada hari ini. 

 

Pimpinan, Rapat Paripurna Dewan Yang Terhormat, 

Salah satu tugas maupun fungsi Anggota Legislatif yaitu masa Reses, yang sejatinya secara fungsional sebagai media menjaring aspirasi masyarakat, menjadi momentum yang sangat penting dan diharapkan oleh masyarakat, utamanya masyarakat (konstituen) dimana Anggota Legislatif itu berada dan terpilih.

Dalam tiap masa Reses, Anggota Legislatif sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam Pemerintahan, sudah tentu banyak menerima masukan aspirasi masyarakat demi terwujudnya Pembangunan, peningkatan Ekonomi, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui kualitas bidang Pendidikan maupun peningkatan Infrastruktur Pendidikan serta peningkatan kualitas Kesehatan di Kota Depok.

Partisipasi aktif masyarakat dalam mengikuti setiap kegiatan Reses Anggota Legislatif dari Fraksi Demokrat Persatuan Pembangunan di setiap Daerah Pemilihannya (DaPil) selalu Meningkat, ini menjadi bukti bahwa Anggota Legislatif Fraksi Demokrat Persatuan Pembangunan DPRD Kota Depok, Konsisten berjuang untuk Aspiratif merealisasikan apa yang menjadi harapan masyarakat di setiap Daerah Pemilihannya (DaPIL).

 

Sidang Paripurna, Hadirin yang Berbahagia,

Dalam Pandangan Umum Penyampaian Laporan  Hasil Reses DPRD Kota Depok Masa Sidang ke II Tahun 2023, Fraksi Demokrat Persatuan Pembangunan, menggaris bawahi beberapa persoalan krusial yang berkembang di tengah masyarakat, sebagai berikut :

  1. Bidang Kesehatan.
    • Akselarasi Pemerintah Kota Depok dalam menata bentuk pelayanan kesehatan serta peningkatan kualitas Sumber Daya Tenaga kesehatan di Puskesmas maupun RSUD, mengalami perkembangan yang
    • Fraksi Demokrat Persatuan Pembangunan DPRD Kota Depok, juga mendorong agar Pemerintah Kota, Concern terhadap peningkatan fasilitas peralatan kesehatan di RSUD Anugerah Sehat Afiat (ASA), demi Optimalisasi peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat di wilayah bagian timur Kota Depok.
    • Penambahan bantuan hibah melalui peningkatan sarana dan prasarana bagi Posyandu di wilayah Rukun Warga (RW) Kota Depok, juga masih banyak disuarakan oleh masyarakat, melalui Reses kali ini.
  2. Bidang Pendidikan
  • Pengadaan lahan serta pembangunan fasilitas pendidikan seperti Gedung Sekolah Baru, utamanya Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) tetap menjadi harapan bagi Masyarakat Kota Depok, sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan, melalui jenjang pendidikan yang berkelanjutan di Kota Depok.
  • Peningkatan kualitas kompetensi tenaga pendidik melalui program pelatihan sertifikasi tenaga pendidik (guru), utamanya tenaga pendidik Sekolah-sekolah Negeri di Pemerintah Kota Depok.
  • Prioritas perhatian Pemerintah Kota, bagi siswa/i ber-Prestasi, khususnya yang tidak mampu dapat mengenyam dunia Pendidikan berkelanjutan dan berkualitas di Sekolah Negeri Kota Depok.
  1. Dalam Bidang Infrastruktur
    • Rehabilitasi (perbaikan) maupun perawatan infrastruktur (fisik) seperti ruas-ruas jalan lingkungan, betonisasi, hotmix, drainase masih menjadi Prioritas Aspirasi masyarakat dalam tiap Reses Masa Sidang Anggota Dewan. 
    • Realisasi Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), bagi masyarakat Kota Depok yang tidak mampu dan memang benar-benar membutuhkan, masih diharapkan masyarakat dalam setiap kesempatan Reses Anggota Dewan DPRD Kota Depok.
    • Evaluasi dan Monitoring dalam tekhnis pelaksanaan pembangunan maupun rehabilitasi infrastruktur di Kota Depok, terus dilakukan dalam upaya menjaga Profesionalitas pembangunan infrastruktur, juga masih disuarakan masyarakat dan menjadi catatan penting dalam Reses Anggota Dewan kali ini.
  1. Bidang Ekonomi

Sosialisasi dan Informasi program Pemerintah Kota melalui pengutan Sumber Daya Manusia seperti pelatihan ketrampilan ketenaga kerjaan maupun bantuan anggaran (hibah) dalam bentuk pendampingan bagi pelaku dunia usaha kecil menengah (UMKM) dalam upaya mengurangi angka pengangguran, juga masih diharapkan masyarakat dalam Reses Anggota Dewan.

  1. Terkait Dalam Hal Pelayanan Administrasi Kependudukan.

Problematika Pelayanan Pemerintah Kota dalam hal Administrasi Kependudukan, perlahan-lahan sudah dapat teratasi dengan adanya ketersedian fisik blanko KTP-El di beberapa wilayah Kecamatan di Kota Depok. Ini bukti Pemerintah Kota Depok, sungguh-sungguh berupaya secara maksimal  memberi solusi agar persoalan terkait KTP-El, tidak terus menerus menjadi persoalan dalam hal Pelayanan Kependudukan di Pemerintah Kota Depok, hal ini patut kita berikan apresiasi.

  1. Dalam hal Pelayanan pada Bidang Perijinan.

Saat ini citra tata kelola pelayananan perijinan Pemerintah Kota Depok yang Komunikatif, Transparan dan Responsif, memberikan sisi kinerja yang positif. Ini tentu menjadi cermin demi menarik Investasi dan peningkatan capain Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Depok. Hanya saja keluarnya dokumen perizinan di Kota Depok, harus tetap mendepankan analisa dampak lingkungan sesuai dengan regulasi payung hukum diatasnya, termasuk mengakomodir hak-hak yang ada di masyarakat akibat dari keluarnya perizinan pelaku bidang usaha. 

  1. Di Bidang Kebersihan dan Lingkungan.

Dalam Reses Anggota Dewan kali ini, aspirasi yang berkembang terkait persoalan penanggulangan sampah, patut menjadi catatan penting bagi Pemerintah Kota Depok. Harapan agar realisasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Kota Depok di Nambo (Bogor), tentu menjadi solusi Konkrit penanggulangan sampah di Kota Depok, yang semakin hari terus bertambah Volumenya, termasuk memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya pemilahan sampah melalui konsep 3R (Refuse, Reduce, Recycle). 

 

Pimpinan, Rapat Paripurna Dewan Yang Terhormat, hadirin yang Berbahagia.

Demikian Pandangan Umum Fraksi Demokrat Persatuan Pembangunan Kota Depok kami sampaikan, semoga apa yang kita ikhtiarkan bersama dalam Laporan Reses Anggota Dewan Masa Sidang Ke II Tahun 2023, mendapatkan Keberkahan dan Ridho dari Allah SWT dan senantiasa memberikan Kemaslahatan bagi Masyarakat di Kota Depok, Aaminn...

Wabillahi Taufik Wal’Hidayah

Wassalamu’ailaikum Wr. Wb.

 

Depok,  25 Mei 2023

DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

KOTA DEPOK

FRAKSI DEMOKRAT PERSATUAN PEMBANGUNAN

 

                                                            Ketua,                                              Sekretaris,

 

 

                          Ir. EDI SITORUS                                    MAZHAB, HM

Berita Terkait: